karya tulis ilmiah

BAB 1

PENDAHULUAN

  1. A. JUDUL  PROGRAM

”Pengembangan Bahan Baku Pembuatan Kain Sutra Berbasis Usaha Komoditi Di Kabupaten Wajo”

  1. B. LATAR BELAKANG

Perkembangan kebudayaan sekarang ini sangatlah pesat, ditandai dengan munculnya kesenian maupun kebudayaan-kebudayaan baru. Buktinya batik yang baru-baru ini yang menjadi rebutan antara Indonesia dan Malaysia. Padahal jelas-jelas batik adalah kebudayaan asli milik Indonesia. Batik adalah salah satu hasil kesenian budaya Indonesia yang biasanya digunakan untuk acara-acara resmi maupun acara-acara lainnya. Batik terbuat dari kain sutra yang diberi motif ataupun corak khas yang tidak memiliki kesamaan. Pembuatan kain sutra untuk batik tidaklah susah, hanya dibutuhkan keterampilan, keuletan dan kerajinan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Sengkang adalah salah kota penghasil kain sutra terbesar di Sulawesi Selatan. Sengkang dikenal sebagai kota sutra, distribusi dan penjualan kain sutra di Sengkang cukup tinggi ditandai dengan banyaknya pemasokan kain sutra di Jawa yang berasal dari Sengkang. Para penenun yang ada di Sengkang biasanya menjual langsung kain sutra hasil buatannya ke Jawa khususnya di Jawa Barat antara lain Cirebon, Pekalongan, dan Jogjakarta.

Akan tetapi perkembangan tersebut tidak berjalan dengan stabil. Memang tingkat pembuatan kain sutra cukup tinggi akan tetapi bahan untuk pembuatan kain sutra tersebut masih dipasok dari luar Sengkang seperti China, Hongkong, dan beberapa kota lainnya.  Memang, pemerintah propinsi sekarang sudah merencanakan pembuatan bahan kain sutra sendiri untuk wilayah Sulawesi Selatan, tapi program ini hanya di tujukan untuk wilayah Kabupaten Maros dan Bulukumba saja

Melihat tingginya permintaan akan sutra, maka Sengkang sebagai kota sutra harusnya berupaya untuk lebih dapat meningkatkan produksinya juga. Salah satu halangan Sengkang dalam upaya peningkatan produksinya adalah bahan-bahan pembuatan kain sutranya masih didapatkan dari luar daerah Sengkang itu sendiri. Maka dari itulah, Kota Sengkang harus berupaya untuk membuat bahan baku sendiri untuk pembuatan kain sutranya agar Sengkang menjadi Kota Sutra mandiri.

  1. C. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, maka kami dapat mengambil rumusan masalah sebai berikut:

  1. 1. Bagaimanakah perkembangan komoditi kain sutra di kota Sengkang?
  2. 2. Usaha-usaha apa saja yang dilakukan agar terjadi pengingkatan produksi kain sutra di kota Sengkang?
  3. 3. Bagaimanakah pengembangan dan pemeliharaan ulat sutra sebagai bahan utama pembuatan kain sutra?
  4. D. TUJUAN PROGRAM

Tujuan yang ingin dicapai dalam program ini adalah:

  1. 1. Untuk mengetahui perkembangan komoditi kain sutra di kota Sengkang.
  2. 2. Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan untuk peningkatan produksi kain sutra di Kota Sengkang.
  3. 3. Untuk mengetahui pengembangan dan pemeliharaan ulat sutra sebagai bahan utama pembuatan kain sutra.
  4. E. MANFAAT PROGRAM

Adapaun manfaat program ini adalah:

  1. 1. Manfaat bagi mahasiswa yaitu sebagai  wadah untuk menampung kreatifitas mahasiswa dalam memecahkan masalah yang mungkin akan berguna baginya untuk masa depan.
  2. 2. Manfaat bagi masyarakat yaitu sebagai alternatif baru untuk mendapatkan bahan-bahan pembuatan kain sutra untuk produksi pembuatan industri sutra tanpa harus bergantung lagi dengan bahan sutra dari daerah lain yang dari segi ekonomi lebih mahal serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.
  3. 3. Manfaat bagi pemerintah yaitu dapat menambah devisa maupun pendapatan daerah dan juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar sekaligus membantu mengurangi jumlah penduduk miskin dan meningkatkan keterampilan penduduk miskin dalam bidang kewirausahaan dan membantu mengurangi angka pengangguran di kota Sengkang.

  1. F. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

Sengkang adalah salah satu penghasil sutra terbesar di Sulawesi Selatan. Tiap harinya, Sengkang dapat menghasilkan ribuan meter kain sutra yang nantinya akan dikirim ke jawa sebagai bahan utama pembuatan batik. Rata-rata masyarakat Kota Sengkang khususnya wanita, biasanya bekerja sebagai tukang tenun yang bekerja pada pengrajin-pengrajin sutra. Akan tetapi, tidak semua masyarakat bisa menjadi tukang tenun karena diiperlukan keahlian,  keterampilan khusus, dan keuletan dalam bekerja. Maka pada akhirnya, banyak dari masyarakat Kota Sengkang yang masih belum mendapat pekerjaan tetap.

Hal inilah yang membuat penulis berinisiatif membuka lapangan kerja baru untuk para masyarakat Kota Sengkang yang masih belum mendapat pekerjaan. Berhubung Kota Sengkang merupakan sentra pembuatan sutra, maka penulis berpikir ada baiknya membuka pangan kerja yang berhubungan dengan sutra dan dapat memberikan kesempatan bagi para masyarakat lainnya. Maka dari itu penulis ingin membuka usaha pengembangan bahan baku sutra yakni pembudidayaan dan pemeliharaan ulat sutra yang merupakan bahan baku utama dalam pembuatan kain sutra.

Penulis memilihlapangan kerja tersebut tidak lepas dari kondisi daerah yang memungkinkan dalam mengembangkannya. Walaupun Sengkang merupakan sentra sutra terbesar di Sulawesi Selatan, akan tetapi masih kurangnya masyarakat yang membudidayakan bahan baku sutra yakni ulat sutra. Dengan dibukanya usaha pembudidayaan maka secara tidak langsung membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat kota sengkang sekaligus membuka peluang mereka untuk hidup yang lebih baik melihat prospek ke depan dari usaha ini.

Dengan dibukanya usaha pembudidayaan ulat bulu ini, maka para pengrajin sutra do Kota Sengkang tidak perlu lagi memasok bahan baku sutranya dari luar. Mereka dapat langsung membelinya di tempat tersebut (Kota Sengkang sendiri) tanpa harus repot lagi. Hal ini juga dapat mempermudah para pengrajin sutra untuk lebih cepat mendapatkan bahan usahanya dan secara tidak langsung akan menambah tingkat produksinya. Dengan meningkatnya tingkat produksi maka akan berdampat positif bagi pendapatan daerah.

  1. G. METODE PELAKSANAAN PROGRAM

Demi mencapai tujuan yang telah dicanangkan, maka digunakan beberapa metode yaitu

  1. Tahap Persiapan

Pada tahap ini, akan dilaksanakan beberapa kegiatan seperti observasi ke lokasi, pengurusan izin kegiatan/usaha, pemantapan rencana dalam menjalankan usaha ke depannya.

  1. Tahap Pelatihan

Metode yang digunakan pada pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan maupun keterampilan kepada masyarakat Kota Sengkang dalam usaha pembudidayaan ulat sutra tersebut.

  1. Tahap Evaluasi

Untuk mengukur tingkat keberhasilan program usaha ini maka diadakan evaluasi atau penilaian secara kontinyu meliputi:

  1. Melihat tingkat keberhasilan pemeliharaan ulat sutra tersebut.
  2. Melihat tingkat produksi dari ulat sutra tersebut.
  3. Melihat tingkat penjualan dari ulat sutra tersebut.
  4. H. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Nama Kegiatan Jenis Kegiatan Bulan I Bulan II
1 2 3 4 1 2 3 4
Persiapan Pengurusan perizinan tempat kegiatan
Pembuatan handout materi
Penyebaran pamflet kegiatan dan penyebaran undangan bagi para peserta pelatihan
Penyebaran undangan pemateri dan pendamping

Nama Kegiatan Jenis Kegiatan Bulan I Bulan II
1 2 3 4 1 2 3 4
Persiapan Pengurusan perizinan tempat kegiatan
Pembuatan handout materi
Penyebaran pamflet kegiatan dan penyebaran undangan bagi para peserta pelatihan
Penyebaran undangan pemateri dan pendamping



About these ads
Categories: Uncategorized | 1 Komentar

Post navigation

One thought on “karya tulis ilmiah

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: