Mengenal Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan terletak di jazirah Selatan Pulau Sulawesi. Propinsi yang Beribukota di Makassar ini,
terletak antara :
0 ° 12‘ – 8 ° Lintang Selatan
116 °48‘ – 122 ° 36‘ Bujur Timur.
Secara administratif berbatasan :
Sebelah Utara dengan Propinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat Sebelah Barat dengan Selat Makassar Sebelah Timur dengan Teluk Bone Sebelah Selatan dengan Laut Flores Luas wilayahnya, 62.482,54 km2 (42 % dari luas seluruh pulau Sulawesi dan 4,1 % dari Luas seluruh Indonesia). Sulawesi Selatan memiliki motto “Todo Poli” ( Teguh dalam keyakinan). Motto inilah yang membuat suku di Sulawesi Selatan terkenal akan keberaniannya karena mereka memegang apa yang menurutnya benar, lagu daerahnya yaitu angin mamiri dan ati raja, namun tiap kabupaten juga memiliki lagu daerah sendiri.
BENTANG ALAM
Sulawesi selatan memiliki pulau-pulau kecil yang terkenal akan keindahannya, yaitu Doang-Doangan Lompo, Liukang Kalmas,Marasende, Liukang Kalmas(Pangkajene dan Kepulauan) Pulau Lae-Lae, Lakkang( Tallo, Makassar),Pulau Samalona(kec.Wajo, Makassar),Rewataya, Mappakasunggu(Takalar),dsb.
Bentuk topograpinya berliuk liuk, hal itu dikarenakan daerahnya terdiri atas beberapa gunung yang menjulang diantaranya yaitu : Gunung Bawakaraeng, Gunung Latimojong, Gunung Lompobattang, Gunung Rantekombola,Gunung Rantemario. Selain Gunung juga disebabkan oleh adanya beberapa danau yang juga sering difungsikan sebagai objek wisata yaitu: Danau Matana, Danau Tempe, Danau Towuti, Danau Sidrap, dsb.
SEJARAH
Hasil penelitian sejarahwan Australia Utara bernama Peter G. Spillet M, mengungkapkan salah satu fakta yang tidak terbantahkan bahwa orang Sulawesi Selatanlah yang pertama mendarat di Australia dan bukannya Abel Tasman (Belanda) atau James Cook (Inggris) tahun 1642. Upaya pelurusan fakta sejarah tersebut dilakukan Peter yang kemudian dijuluki Daeng Makulle dengan sangat hati-hati melalui jejak, buku-buku sejarah berupa hubungan orang Makassar dengan orang Aborigin (Merege). Orang Makassar tiba di sana dengan menggunakan transportasi perahu.
DEMOGRAFI DAN KEPENDUDUKAN
Pada sensus Penduduk Tahun 2010, jumlah Penduduk Mencapai 8.032.551 orang, kepadatannya mencapai 128,6/km². Daerah Sulawesi selatan terdiri atas berbagai suku sebagai ciri khas indonesia, suku ini terdiri dari Bugis (41,9%), Makassar (25,43%), Toraja (9,02%), Mandar (6,1%) dan selebihnya terdiri atas suku Duri, Konjo/Kajang dan Pattae. Setiap suku memiliki bahasa yang berbeda namun didalamnya juga terdapat perbedaan, misalnya pada bahasa bugis terdapat perbedaan penyebutan dan terkadang perbedaan nama pada bugis dari Bone dan bugis Sidrap.  Dari segi agama Sulawesi Selatan mayoritas adalah Islam (94%), Protestan (2%), Katolik (2%),dan selebihnya Budha dan Hindu, agama hindu di sini berbeda dengan agama hindu di daerah lain, mereka biasa disebut “tau lotang” (dalam bahasa indonesia diartikan orang dari selatan), umumnya mereka tersebar di Kabupaten Sidrap dan Wajo yang pusatnya terdapat di Amparita, Sidrap.
Posisi yang strategis di Kawasan Timur Indonesia memungkinkan Sulawesi Selatan dapat berfungsi sebagai pusat pelayanan , baik bagi Kawasan Timur Indonesia maupun untuk skala internasional. Terdiri atas 20 kabupaten,3 kota, 285 kecamatan dan 664 desa/kelurahan.
Pelayanan tersebut mencakup perdagangan, transportasi darat – laut – udara, pendidikan, pendaya-gunaan tenaga kerja, pelayanan dan pengembangan kesehatan, penelitian pertanian tanaman pangan, Perkebunan, perikanan laut, air payau tambak, kepa-riwisataan bahkan potensial untuk pengembangan lembaga keuangan dan perbankan.
PEMERINTAHAN
5 tahun setelah kemerdekaan, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 21 Tahun 1950, yang menjadi dasar hukum berdirinya Provinsi Administratif Sulawesi. 10 tahun kemudian, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 47 Tahun 1960 yang mengesahkan terbentuknya Sulawesi Selatan dan Tenggara. 4 tahun setelah itu, melalui UU Nomor 13 Tahun 1964 pemerintah memisahkan Sulawesi Tenggara dari Sulawesi Selatan. Terakhir, pemerintah memecah Sulawesi Selatan menjadi dua, berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2004. Kabupaten Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara dan Polewali Mandar yang tadinya merupakan kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan resmi menjadi kabupaten di provinsi Sulawesi Barat seiring dengan berdirinya provinsi tersebut pada tanggal 5 Oktober 2004 berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2004.

Provinsi Sulawesi selatan terdiri atas

No. Kabupaten/Kota Ibu kota
1 Kabupaten Bantaeng Bantaeng
2 Kabupaten Barru Barru
3 Kabupaten Bone Watampone
4 Kabupaten Bulukumba Bulukumba
5 Kabupaten Enrekang Enrekang
6 Kabupaten Gowa Sunggu Minasa
7 Kabupaten Jeneponto Jeneponto
8 Kabupaten Kepulauan Selayar Benteng
9 Kabupaten Luwu Palopo
10 Kabupaten Luwu Timur Malili
11 Kabupaten Luwu Utara Masamba
12 Kabupaten Maros Maros
13 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Pangkajene
14 Kabupaten Pinrang Pinrang
15 Kabupaten Sidenreng Rappang Sidenreng
16 Kabupaten Sinjai Sinjai
17 Kabupaten Soppeng Watan Soppeng
18 Kabupaten Takalar Takalar
19 Kabupaten Tana Toraja Makale
20 Kabupaten Toraja Utara Rantepao
21 Kabupaten Wajo Sengkang
22 Kota Makassar
23 Kota Palopo
24 Kota Parepare
Daftar Gubernur yang pernah menjabat yaitu :
No. Foto Nama Dari Sampai Keterangan
1. A.A. Rivai 1960 1966
2. Achmad Lamo 1966 1978
3. Andi Odang 1978 1983
4. Achmad Amiruddin 1983 1993
5. Zainal Basri Palaguna 1993 2003
6. AMIN SYAM1.jpg HM Amin Sjam 2003 2007
7. Ahmad Tanribali Lamo 2008 Pejabat Gubernur
8. SyahrulYasinLimpo2.jpg Syahrul Yasin Limpo 2008 sekarang
Wisata:
BERSAMBUNG………..
Categories: Sulawesi Selatan | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Mengenal Sulawesi Selatan

  1. ASLI SULAWESI SELATAN ya sob?…….salam knl dr menone n juga

    salam persahabatan selalu dr MENONE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: