Tahap Membuat Game Online

Untuk langkah-langkah membuat game sendiri secara singkat bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Pembuatan ide game: Sebelum mulai membuat game, kita perlu memikirkan game seperti apa yang akan kita buat, bagaimana memainkannya, apa saja yang akan membuat orang senang memainkan game kita, dan lain-lain.

  • Proses pre-production: pada tahap ini kita perlu mempersiapkan berbagai hal teknis yang berhubungan dengan game yang akan kita buat, misalnya teknologi apa yang akan digunakan (misalnya platform atau bahasa pemrograman), art direction atau arahan visual dari game yang akan dibuat, dan finalisasi game design yang akan kita implementasi dalam gamenya

  • Proses production: pada tahap ini baru kita buat art dan programming untuk gamenya, sebaiknya game yang dikembangkan sesering mungkin dibuat versi yang dapat dimainkan, jadi bisa ditest sekaligus bisa kita sebar ke komunitas game developer untuk minta masukan.

  • Proses release, pada tahap ini gamenya kita anggap selesai dan kita rilis ke pasar. Tapi kita perlu pastikan untuk tetap mengawasi komentar-komentar dari orang yang memainkan game kita, kalau ada laporan atau keluhan tentang bug atau error harus cepat-cepat kita perbaiki.

 

Game online adalah salah satu jenis game yang paling sulit dikembangkan, karena membutuhkan banyak sekali pengetahuan teknis mulai dari networking (pengiriman data), set up server, security (agar tidak mudah dicurangi), dan lain-lain. Tapi game online sendiri ada berbagai tipe dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda pula:

Text Based Online Game

Game online berbasis text, contohnya Mafia Wars atau Travian. Game online paling sederhana, cukup menampilkan data dari server, tidak perlu terlalu banyak interaksi antar pemain secara realtime. Misalnya pemain A yang sedang menyerang pemain C tidak akan muncul pada layar permainan pemain B walau berada pada wilayah in-game yang sama.

Asynchronous Online Game

Game dimana kita bisa bermain dengan karakter teman kita, namun yang bersangkutan tidak perlu online, contohnya Buddy Rush. Kita cukup menggunakan data terbaru dari karakter teman kita tersebut, lalu menggerakkannya dengan AI agar terkesan bahwa kita bermain dengan teman kita. Lebih kompleks karena interaksi pemain dengan sistem harus realtime (misalnya kita pukul seekor monster, data di server harus diupdate dengan nyawa monster baru yang telah dikurangi). Tapi tiap permainan hanya menerima input dari satu pemain saja.

Real Time Online Game

Game online dimana kita bisa bermain dengan orang lain pada waktu yang bersamaan. contohnya Point Blank atau DotA (via BattleNet). Game tipe ini tingkat kesulitannya lebih besar lagi karena tiap input dari setiap pemain harus mempengaruhi data di server dan pada layar game setiap pemain. Misalnya pada sesi DotA 10 orang, pemain #1 mengeluarkan jurus ke pemain #2, di layar permainan pemain #1-#10 harus melihat kejadian yang sama, di waktu yang sama, dan dengan efek yang sama (misalnya jumlah HP pemain #2 yang berkurang).

Massively Multiplayer Online Game

Game online real time dengan jumlah pemain jauh lebih banyak dibanding jenis game sebelumnya, contohnya Ragnarok Online atau World of Warcraft. Pada suatu waktu, pemain yang online bisa menembus angka ratusan bahkan ribuan, sehingga jumlah transaksi data yang terjadi sangat banyak , sehingga server harus dibuat agar dapat menangani transaksi data sebanyak itu.

Dari semua tipe game online yang disebutkan di atas, kuncinya adalah untuk mempelajari bagaimana hubungan client-server dalam sebuah game. Sederhananya, server adalah tempat untuk menyimpan berbagai data permainan, dan client adalah aplikasi untuk menampilkan data pada server dengan tampilan pada game. Semua input pada client harus bisa diterima oleh server dan server harus bisa memberikan respon sesuai dengan input yang dikirimkan.

Untuk membuat sebuah game tentu menggunakan apa yang disebut bahasa pemprograman. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat game sangat bergantung pada platform atau teknologi yang digunakan. Untuk game komputer, ada beberapa bahasa yang umum digunakan, di antaranya adalah:

  • C++, walau sudah ada cukup lama, C++ masih banyak sekali digunakan untuk membuat game desktop, mulai dari game indie seperti Crayon Physics Deluxe, bahkan game besar seperti Crysis 2.
  • C#, dapat digunakan pada pembuatan desktop games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. Dapat juga digunakan untuk membuat web games menggunakan Silverlight atau Unity3D. Contoh web game yang dibuat menggunakan C# dan Unity3D adalah LiloCity dari Agate Studio.
  • Java, dapat digunakan untuk membuat desktop games, web games (dengan format Java Applet), bahkan bisa untuk mobile games. Contoh game desktop yang dibuat menggunakan Java contohnya Spiral Knights.
  • Actionscript 3, umum digunakan dalam pembuatan web games dalam format Flash Games, contohnya game flash di Facebook seperti Shopping Paradise buatan Agate Studio atau game flash di game portal, seperti Earl Grey and that Rupert Guy yang juga buatan Agate Studio.
  • PHP, HTML, Javascript; bahasa-bahasa pemrograman ini biasa digunakan untuk membuat web games, misalnya yang ada di Facebook seperti Football Saga.
  • Objective-C, bahasa ini spesifik digunakan untuk membuat game di komputer buatan Apple yang menggunakan Mac OS.

Saran kami, pelajari salah satu saja, coba buat sebuah game sampai selesai. Pengalaman membuat game itu sangat penting, karena kamu akan bisa melatih kemampuan programming dasar dan algoritma. Karena antar bahasa pemrograman tidak terlalu berbeda dari sisi algoritma, jadi jika nantinya perlu belajar bahasa pemrograman lain akan lebih mudah jika sudah menguasai salah satu bahasa pemrograman.

Kalau memang ingin mencoba membuat online game, tidak ada salahnya mencoba membuat game online sederhana seperti Travian atau Mafia Wars, mengunakan PHP, database (misalnya mySQL), dan HTML/CSS untuk menampilkan visual gamenya. Rencananya di bulan November nanti Agate akan membuat tutorial yang berhubungan dengan tipe game seperti itu di Blog Agate Studio :) Tunggu saja tanggal mainnya!

Categories: Game, info | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Tahap Membuat Game Online

  1. THANK you😀

  2. Terima Kasih Atas tutorialnya .. artikel yang sangat bagus ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: