Robot Humanoid Samsung

image

Korea Selatan – Masih ingat dengan robot Asimo yang dibuat pabrikan otomotif Honda? Robot humanoid ini begitu mengesankan karena bisa berjabat tangan dan bermain sepak bola. Nah, Samsung kini punya saingannya. 

Divisi robot Samsung baru-baru ini memperkenalkan robot humanoid terbaru mereka yang diberi nama Roboray. Pada pameran teknologi IROS 2012 di Portugal beberapa waktu lalu, Roboray pun unjuk kebolehan.

Dilansir Auto Evolution dan dikutipdetikINET, Rabu (17/10/2012), Roboray dikembangkan Samsung bersama Korean Institute of Science and Technology (KIST) sejak 2004. Dia adalah evolusi dari sebuah robot bernama ‘Mahru’ seperti tampak pada tayang video di akhir artikel ini. 

Kemampuan Roboray dikembangkan lebih jauh lagi sehingga diklaim lebih luwes. Ini berkat sendi-sendi kaki dan tangannya yang lebih fleksibel namun kuat dibandingkan versi sebelumnya. Alhasil, gaya berjalan Roboray pun hampir meniru persis kemampuan berjalan manusia. 

Sayangnya, meski diklaim lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya, Roboray yang memiliki bobot 62 kg dan tinggi 150 cm ini belum mampu berlari seperti Asimo Honda atau robot humanoid yang dikembangkan Toyota. 

Namun dengan ditambahkannya sejumlah kemampuan pada Roboray, Samsung tentunya berambisi robotnya bisa menyaingi Asimo. Pengembangan selanjutnya, Roboray akan dilengkapi teknologi pengenalan wajah dan suara agar lebih ‘hidup’.

Categories: Tekhnologi | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: