Bila Menggunakan 2 Antivirus !

image

Bagi komputer anda, antivirus berbeda dengan browser atau program MS Office. Anda bisa menggunakan beberapa browser berbeda dan menjalankan pada saat yang sama tanpa masalah, demikian pula anda bisa menggunakan MS Offfice dan Open Office pada komputer yang sama tanpa mengalami masalah.

Tetapi antivirus memiliki tugas memantau lalu lintas semua data di komputer anda, jadi setiap kali ada data / aplikasi ingin diakses apakah di unduh, dieksekusi atau cuma di lihat (browse) maka “on access scanner” dari program antivirus selalu memeriksa dahulu data yang bersangkutan dan jika aplikasi yang diakses tersebut merupakan virus, maka akan langsung diamankan / dikarantina

Kalau ada dua program antivirus yang aktif, maka ada dua proses “on access scanner” dua program antivirus yang akan berebut menangkap dan mengkarantina program yang dianggap jahat tersebut. Akibatnya adalah sistem komputer menjadi crash.

Selain itu, dua on access scanner yang berjalan berbarengan tentunya menghabiskan sumberdaya (RAM) komputer dan mengakibatkan inefisiensi.

Masalah yang sering timbul dengan penggunaan dua antivirus adalah definisi virus dari software antivirus seharusnya di enkrip dengan baik sehingga tidak bisa di scan oleh program antivirus lain (yang akan mengakibatkan false positive).

Namun ada antivirus yang tidak melakukan enkripsi dengan baik sehingga definisi virusnya dapat di scan dan program antivirus tersebut terdeteksi sebagai virus oleh program antivirus lain, hal ini pernah terjadi di Indonesia dimana ada program antivirus yang tidak melakukan enkripsi definisivirusnya dengan baik dan terdeteksi sebagai virus oleh program-program antivirus lain sebagai virus, bukannya memperbaiki enkripsinya pembuat program antivirus ini malah menyalahkan program antivirus lain dan meminta antivirus lain untuk mengecualikan definisi virusnya secara manual.

Daripada menggunakan dua antivirus, Vaksincom menyarankan anda untuk menggunakan antivirus yang dilengkapi Firewall karena perlindungan Firewall juga tidak kalah penting dari antivirus dan saat ini sudah merupakan satu kebutuhan.

Ada solusi jika ingin mendapatkan perlindungan ganda dari antivirus tanpa menghadapi masalah di atas:

1. Jika anda mencurigai suatu program marupakan malware / virus baru tetapi kok tidak terdeteksi antivirus yang anda gunakan, anda bisa menggunakan program scanner independen yang tidak menginstalkan dirinya sepertiNorman Malware Cleaner
 atau Dr Web Cure iT
 yang dapat diunduh secara gratis untuk melakukan scanning manual.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas scanning online seperti http://www.virustotal.com
 yang menggunakan lebih dari 40 program antivirus ternama untuk memeriksa file / program yang anda curigai bervirus.

2. Jika anda tetap ingin mendapatkan perlindungan 2 engine antivirus pada saat yang bersamaan secara live di komputer anda tanpa mengorbankan sumber daya komputer atau mengakibatkan crash. Anda bisa mempertimbangkan program antivirus yang menggunakan multiple antivirus engine seperti G Data antivirus yang menggunakan 2 engine antivirus ternama dan memberikan memang terbukti tingkat deteksi virus yang lebih baik dibandingkan program antivirus lainnya (99 % deteksi malware menurut pengetesan Virus Bulletin
)

Dengan solusi ini, anda bisa mendapatkan perlindungan terbaik karena adanya 2 engine antivirus independen yang selalu bekerja melindungi komputer anda namun tidak menguras sumberdaya komputer dan biaya yang tidak berbeda dengan antivirus komersial lainnya.

Categories: aplikasi, info | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: